Forum Bersama PBB-IOC di Lausanne

LAUSANNE, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Jacques Rogge membuka forum bersama PBB-IOC di Museum Olimpiade, Lausanne, Swiss. Acara tersebut bertajuk The Importance of Partnership. Tujuannya untuk meningkatkan kebersamaan para pengurus olahraga dan perwakilan PBB demi meningkatkan kerja sama keduanya dalam pembangunan melalui olahraga.

"IOC dan Gerakan Olimpiade berkewajiban membawa olahraga dan nilai-nilai yang terkait di dalamnya ke dalam segala lapisan masyarakat. Jika olahraga tidak mampu menggerakkan agendanya dalam turut menciptakan perdamaian di suatu daerah atau wilayah, olahraga dapat bermitra dengan mereka yang bertanggung jawab dan pakar dalam menciptakan perdamaian serta mendorong pembangunan nasional seperti PBB," kata Wilfried Lemke, Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal PBB di Bidang Olahraga untuk Pembangunan dan Perdamaian.

Rogge mengatakan, IOC dan PBB sejak berpuluh tahun lamanya menjalin kerja sama erat. Tujuan dari forum itu guna meningkatkan kontribusi dalam mendukung target PBB yakni Millennium Development Goals (MDG). "Kami tidak dapat mengubah dunia, tetapi kami yakin melalui olahraga kami dapat menciptakan penduduk yang lebih baik," kata Rogge.

Agenda forum antara lain mengenai peran olahraga dalam mencapai target MDG, menargetkan kaum muda dalam pembangunan, kualitas gender, mengampanyekan gaya hidup sehat, serta menciptakan perdamaian serta mendukung kemanusiaan.

Mario Pescante, Wakil Presiden IOC dan Perwakilan tetap IOC di PBB mengatakan untuk pertama kalinya dalam sejarah modern, olahraga memiliki suara dalam semua institusi internasional di PBB. Ketika dunia menghadapi ancaman serius dan nyata, semua negara dan manusia yang hidup memiliki keterkaitan yang sama yakni olahraga adalah elemen penting mencari solusi.

Forum tersebut tidak hanya fokus kepada kaum muda, perempuan, mereka yang tidak mampu, pencegahan penyakit, solidaritas kemanusiaan, atau melawan kekerasan dan kejahatan. Tujuan utama forum adalah melanggengkan kontribusi IOC dan olahraga dalam mendukung PBB untuk perdamaian dunia. Sumber: www.kompas.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.