DISKUSI BANK DUNIA "Pertumbuhan Ekonomi Lampaui 6 Persen?

JAKARTA, Pengamat ekonomi Indef, Fadhil Hasan, mengatakan Indonesia memang harus bekerja keras untuk dapat mencapai pertumbuhan ekonomi hingga 5,9 persen pada tahun 2010. Di tengah gejolak ekonomi global pun, hal ini mungkin bagi Indonesia. Bahkan, Fadhil mengatakan target di atas 6 persen bisa dicapai. "Sekarang bagaimana bisa mencapai angka 5,6-5,9 persen. Tetapi kenapa tidak bisa mencapai lebih dari itu. Angka 6 persen itu masih mungkin mengingat stabilitas makro. Kenapa kita tidak menetapkan angka lebih dari 5,9 persen?" ujarnya dalam diskusi perkembangan perekonomian Indonesia Bank Dunia dan Program Master Paramadina, hari ini.

Persoalannya, lanjut Fadhil, hingga saat ini terdapat gap antara sektor perdagangan dan nonperdagangan. Gap ini menurut perspektif makro tak ada masalah. Namun, dari perspektif mikro sulit melihat tumbuhnya ekonomi disebabkan sektor perdagangan atau nonperdagangan. Menurut Fadhil, sekitar 70 persen kontribusi tenaga kerja Indonesia berasal dari sektor perdagangan, seperti manufaktur dan pertanian. Begitu pula sekitar 70 persen dari GDP Indonesia adalah perdagangan. "Untuk mencapai pro-growth, pro-poor, dan pro-job itu harus didorong datang dari sektor traded. Gap masih ada sampai sekarang dan masih mengecewakan bagi saya sebab belum ada perubahan signifikan dalam lima tahun terakhir karena belum tahu dari mana datangnya pertumbuhan ekonomi itu, dari traded atau dari nontraded,". Sebelumnya, The World Bank's Lead Economist for Indonesia, Subhan Chauduri, mengatakan, Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 5,9 persen dengan perkiraan defisit budget di bawah 1 persen. "Pertumbuhan Indonesia akan terus naik. Kami prediksikan major trading akan menjadi kontribusi utama terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,". www.kompas.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.