Bakrie dan Adaro Berebut Rel Kereta Api Kalteng

PALANGKARAYA, Enam perusahaan besar resmi memasukkan berkas dokumen prakualifikasi tender pembangunan kereta api di Kalteng. Terdapat sejumlah perusahaan yang sudah cukup dikenal yaitu Bakrie Group dan PT Adaro Indonesia.

Kepala Bappeda Provinsi Kalteng Syahrin Daulay, mengatakan, dari 15 perusahaan yang sebelumnya mendaftar, hanya enam perusahaan yang memasukkan dokumen. Enam perusahaan itu adalah Bakrie Group, Itouchu Corporation dari Jepang, PT Mega Guna Ganda, PT Sarida Utama, PT Adaro, dan PT MAP dari Inggris. Keenamnya merupakan perusahaan yang mapan dan dinilai mampu untuk membangun kereta api di Kalteng. Semua perusahaan tersebut memang bekerja sama dengan perusahaan internasional dalam konsursium masing-masing.

Syahrin menegaskan, pembangunan kereta api tersebut sama sekali tidak menggunakan dana pemerintah daerah mapun pusat. Pembangunan sepenuhnya dibiayai oleh perusahaan pemenang tender, dengan kompensasi bagi hasil dari operasional kereta api tersebut nantinya. "Jika tidak ada hambatan, pembangunan diperkirakan sudah bisa dimulai pertengahan 2011,".

Seperti diketahui, kereta api yang akan dibangun adalah rute Purukcahu Kabupaten Murungraya-Bangkuang Kabupaten Barito Selatan sepanjang 185 kilometer dan Bangkuang-Pelabuhan Batanjung Kabupaten Kapuas sepanjang 175 kilometer. Dana yang dibutuhkan diperkirakan mencapai Rp 21 triliun. Tahap awal pengerjaan adalah rute Purukcahu-Bangkuang. Selanjutnya, sambil menunggu selesainya pembangunan kereta api rute Bangkuang-Pelabuhan Batanjung, hasil tambang dan kebun yang diangkut menggunakan kereta api rute Purukcahu-Bangkuang akan dilanjutkan diangkut melalui jalur sungai menuju Pelabuhan Batanjung.

Sebelumnya, anggota DPRD Provinsi Kalteng dari daerah pemilihan kawasan Barito, H Kamaruddin Hadi atau akrab disapa H Tuad menyambut positif rencana pembangunan tersebut. Namun dia mengingatkan, pembangunan tersebut jangan sampai mengorbankan kelestarian lingkungan. Dia juga berharap agar keberadaan kereta api tersebut nantinya juga bisa menguntungkan rakyat kecil. www.banjarmasinpost.co.id
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.