Kolaborasi Subaru-Cosworth pada WRX STI CS400

Beruntunglah 75 orang pertama berdomisili di Inggris dan sekitarnya bisa membeli Subaru WRX STI CS400 ini. Meski dengan harga sedikit lebih mahal Rp 678 juta dari banderol normal Rp600 juta. Pasalnya, kendaraan itu sudah dimodifikasi oleh Cosworth dan hanya dijual 75 unit.

Kepada Insideline (25/5/2010), Subaru Amerika menegaskan kalau karya Cosworth itu tidak dijual di Amerika. Detail mobil garapan rumah modifikasi di Inggris itu sudah pernah ditampilkan pada Geneva Auto Show 2010, Maret lalu.

Dari laporan Autocar yang dikutip insideline, Cosworth yang identik menangani mesin Ford, telah memberi sentuhan pada dapur pacu WRX STI.

Mesin standar Subaru berkapasitas 2.5L Turbocharged, jeroannya diganti yang bisa mendongrak tenaga. Dimulai dari piston, setang piston, bearing, gasket kepala silinder, dan pompa oli. Tak cuma itu, blower juga ditingkatkan, terasuk exhaust system yang custom.

Hasilnya, tenaga mesin mencapai 395 HP dengan torsi 398 pound-feet. Akselerasi 0-96 km/jam diklaim bisa dicapai 3,7 detik. Sedang kecepatan maksimum dibatasi secara elektronik sampai 235 km/jam.

Dengan naiknya tenaga dan performa, Cosworth juga membenahi tingkat kestabilan dan handling. Untuk suspensi dipasang Bilstein dengan rumahnya dari Eibach. Coilnya dirancang baru yang ketinggiannya diturunkan 0,4 inci. Sistem penghenti laju dipercaya memakai produk AP Racing dengan piringan lebih besar (depan) dengan 6 kaliper piston.

Garapan Cosworth ternyata tak cuma mesin, eksterior ikut dipermak. Seperti tampak pada bemper depan, lampu kabut, gril dan spoiler belakang. Keempat roda dikasih velg 18 inci dari bahan alloy.

Pada interior, kedua jok depan diganti produk Recaro model sport. Subaru Cosworth Impreza WRX STI CS400 ini mulai dipasarkan bulan depan.
sumber: www.kompas.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.