TDL, BBM, Gas Naik, Rakyat Bingung

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPD Irman Gusman meminta pemerintah agar tidak menaikkan harga bahan bakar minyak, gas elpiji ukuran 12 kilogram, dan tarif dasar listrik. Kenaikan ketiganya, ujar Irman di Gedung DPD Jakarta, Jumat kemarin, akan membuat masyarakat yang berpenghasilan rendah semakin kebingungan dan kelabakan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. "Rencana kenaikan itu otomatis diikuti harga sembako. Padahal, masih sangat besar jumlah penduduk rentan, yang bisa jatuh miskin akibat kenaikan harga itu,".

DPD menyarankan agar pemerintah tidak menaikan harga BBM, tapi mengupayakan opsi lain untuk menyelamatkan ekonomi bangsa dan negara. Sedangkan untuk kenaikan harga gas elpiji ukuran 12 kilogram yang terus melambung, menurut Irman, harus ditahan karena program pengalihan penggunaan BBM ke gas elpiji yang baru saja selesai. Rencana menaikkan harga gas elpiji justru membuat masyarakat semakin kebingungan dan kelabakan. Sementara terkait rencana kenaikan TDL pada Juli nanti, Irman mengingatkan bahwa listrik sudah menyangkut pelayanan yang mendasar untuk semua warga. "Akses masyarakat untuk dilayani listrik, khususnya yang miskin, harus dijamin. Rendahnya kemampuan ekonomi tidak boleh menghalangi masyarakat miskin memperoleh pelayanan listrik," demikian Irman Gusman. www.kompas.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.