RI-CHINA Hubungan RI-China Siap Dirayakan

JAKARTA, Tak terasa sudah enam dekade Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan China. Setiap perjalanannya memiliki warna sendiri, termasuk momen Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-China (ACFTA) yang mewarnai hubungan keduanya belakangan ini. Hubungan Indonesia-China yang ke-60 ini akan dirayakan bersama 1-5 Juli 2010 di Hotel Sahid Jaya. Berbagai kegiatan dan resepsi yang akan digelar juga ditujukan untuk memperingati tahun perak hubungan dagang langsung Indonesia-China serta ulang tahun Lembaga Kerjasama Ekonomi, Sosial dan Budaya Indonesia-China ke-18.

Ketua Umum LKES BIC Sukamdani Sahid Gitosardjono mengatakan tema perayaan tahun ini 'China dan Era Baru Kekuatan Asia' akan dikemas dalam seminar dan resepsi yang digelar pada puncak perayaan, 5 Juli mendatang. "Dalam seminar kita libatkan pemangku kepentingan, pemerintah, pelaku bisnis, pengamat ekonomi dan akan membahas, terutama terkait free trade area," katanya dalam keterangan pers di Hotel Grand Sahid, pada hari ini.

Mantan Ketua Kamar Dagang Industri periode pertama ini mengatakan Indonesia harus mampu memanfaatkan pertumbuhan ekonomi China yang pesat dengan melihat peluang yang terbuka dalam hubungan bisnis dan perdagangan Indonesia-China. Sejumlah pembicara dari berbagai pemangku kepentingan akan hadir, di antaranya Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Perindustrian MS Hidayat, mantan Duta Besar RI di China Yuwana, dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Sofjan Wanandi. www.kompas.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.