Pembangunan Pabrik PT Selonok Ladang Mas Dihentikan

PALANGKARAYA, Pembangunan pabrik kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) milik PT Selonok Ladang Mas di Desa Sembuluh Kecamatan Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan, Kalteng, terpaksa dihentikan sementara. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Kalteng mengeluarkan surat perintah penghentian setelah langsung meninjau lokasi tersebut akhir pekan lalu.

Kepala BLH Provinsi Kalteng, Moses Nicodemus mengatakan, lokasi pembangunan pabrik tersebut dialihkan secara sepihak oleh perusahaan. Akibatnya, pembangunan itu melanggar aturan karena lokasinya tidak lagi sesuai dengan izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) yang mereka kantongi 2005 lalu.

Selain itu, pabrik itu juga diprotes warga yang khawatir pencemaran limbah cair dan polusi udara karena lokasinya dekat dengan sungai dan jaraknya hanya satu kilometer dari permukiman. BLH masih menunggu petunjuk Kementerian Lingkungan Hidup terkait penyelesaian masalah tersebut. Namun Moses menilai masih ada peluang jika perusahaan bisa mengelola limbah pabrik agar tidak mencemari. www.banjarmasinpost.co.id
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.