"Untuk kelancarang dan kenyamanan penumpang, pihak PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Sampit berencana memperbaiki dan menambah sejumlah fasilitas, termasuk memperluas ruang tunggu penumpang," kata GM PT Pelindo III Cabang Sampit, Abdul Rofiq Fanany, Minggu.
Saat ini ruang tunggu penumpang terminal pelabuhan Sampit hanya mampu menampung sebanyak 500 orang, kedepannya berencana ditingkatkan dengan daya tampung 1.000 penumpang.
Menurut Fanany, selain ruang tunggu, fasilitas lainnya seperti toilet dan kamar mandi juga akan ditambah jumlahnya.
Perbaikan dan penambahan fasilitas terminal penumpang, katanya, akan dilakukan bertahap, sebab program tersebut masuk dalam rencana jangka panjang. Ke depannya, terminal pelabuhan Sampit juga dilengkapi ruang tunggu khusus untuk orang sakit, cacat dan ibu menyusui.
Peningkatan fasilitas pelabuhan Sampit sebagai pusat terminal penumpang, diharapkan nantinya dapat memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi penumpang selama menunggu keberangkatannya.
Fanany mengungkapkan, perbaikan fasilitas dilakukan secepatnya, sehingga memasuki Lebaran fasilitas penumpang terutama ruang tunggu sudah siap dipergunakan.
Untuk sementara, kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan Sampit masih belum bisa dipindahkan sepenuhnya ke pelabuhan Bagendang, karena fasilitas di pelabuhan Bagendang masih belum lengkap.
Rencana pemindahan aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan Sampit, juga sebagai upaya untuk memperluas ruang tampung penumpang.
Sumber: www.Banjarmasin Post.com