Kejurnas Pencak Silat 2010 "Pendekar Jawa Barat Rebut Juara Umum"

SURABAYA, Pendekar Jawa Barat keluar sebagai juara umum pada Kejuaraan Nasional Pencak Silat 2010 dengan mengumpulkan empat emas, dua perak, dan empat perunggu. Kepastian Jawa Barat menjadi juara umum ditentukan laga terakhir kelas I putra. Eldiansyah Martha memastikan kontingennya sebagai juara umum setelah menaklukkan I Wayan Sudarmawan dari Bali.

Sebelum laga terakhir itu, raihan emas tiga provinsi berjumlah sama tiga buah, yaitu Jabar, Bali, dan tuan rumah Jatim. Namun, kemenangan Jabar atas Bali di laga terakhir itu membuat Jatim harus puas di urutan kedua dengan raihan tiga emas, lima perak, dan empat perunggu. Sementara Bali yang hanya berselisih empat perak dengan Jatim harus puas di tempa t ketiga.

Kemenangan Jabar merebut juara umum sedikit berbau keberuntungan. Pada final kelas F putra, pesilat Jabar Eko Yulianto merebut emas tanpa susah payah setelah lawannya dari Sulawesi Utara Kasman Hulinggi dinyatakan undur diri oleh wasit pertandingan. Menurut panitia pertandingan, Kasman sakit sehingga tidak bisa turun di final.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Erizal Chaniago, menyatakan, para jawara di setiap kelas hasil kejuaraan ini akan ditandingkan dengan pesilat Prima. Laga bertajuk seleksi nasional itu akan diselenggar akan akhir tahun ini di Jakarta. Hanya saja belum diputuskan apakah hanya pesilat peraih emas atau sekaligus peraih perak Kejurnas Pencak Silat 2010 yang akan ditandingkan melawan pesilat Prima.

"Saat ini, sudah ada 18 pesilat yang bergabung di Prima SEA Games 2011. Dari hasil kejurnas ini tentu akan ada tambahan lagi untuk pesilat Prima. Hanya saja, kami belum memutuskan berapa kuota pesilat untuk SEA Games 2011 termasuk nomor-nomornya," Kata Erizal. Sumber: www.kompas.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.