Jalan Raya Antasari Selesai Sebelum Pembangunan MRT

Jakarta- Pembangunan jalan layang Antasari akan diselesaikan sebelum pembangunan fisik "Mass Rapid Transit" dimulai pada 2012.

"Pengerjaan fisik `Mass Rapid Transit` (MRT) diperkirakan akan memacetkan Jalan Fatmawati. Jadi nanti kendaraan sudah punya alternatif jalan yaitu jalan layang Antasari," kata Kepala Bidang Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta Novizal di Jakarta, Jumat.

Saat ini, kata dia, proses pembangunan jembatan sudah memasuki proses akhir tender dan diperkirakan surat perintah kerja akan dapat ditandatangani pemenang tender pada akhir Juni mendatang.

Pemerintah Provinsi DKI jakarta akan membangun dua jalan layang bersamaan yaitu Jalam Antasari- Blok M dan Kampung Melayu- Tanah Abang dengan nilai total Rp2 triliun.

Nilai proyek bagi jalan layang Antasari-Blok M adalah Rp1,2 triliun untuk pembangunan jalan sepanjang 5,5 kilometer dan ruas Kampung Melayu- Tanah Abang Rp800 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 3,5 kilometer.

Novizal memaparkan bahwa ada sebanyak 22 perusahaan yang mendaftar untuk mengikuti tender namun yang lulus kualifikasi hanya sebanyak 12 perusahaan.

Perusahaan-perusahaan itu kemudian akan bersaing memperebutkan delapan paket konstruksi yakni tiga paket untuk pembangunan jalan layang Kampung Melayu- Tanah Abang dan lima paket untuk jalan layang Antasari- Blok M.

"Kemungkinan awal September sudah penandatanganan kontrak kerja. Sesudah bulan puasa baru mulai kita start pengerjaan konstruksi," kata Novizal.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meminta agar dibuatkan analisa dampak lalu lintas bagi kedua jalan layang yang akan dibangun.

"Saya minta agar ada fleksibilitas di jalan layang Antasari sehingga pada saat tertentu seperti saat `peak hour` (jam sibuk) pagi hari, jalan itu bisa digunakan dari arah Selatan ke utara. Kemudian pada saat peak hour sore hari, jalan layang itu bisa digunakan dari arah utara ke selatan," katanya.

Selain itu, direncanakan untuk dibangun "underpass" di perempatan Jalan Trunojoyo - Jalan Hasanuddin untuk mengalihkan kendaraan bermotor yang melalui jalan layang Antasari.

Dengan demikian penyebaran jumlah kendaraan bermotor akan lebih merata dan kemacetan total bisa dihindari.


Sumber: www.Yahoo.com

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.