Schumacher Bakal Dikenakan Penalti

Pengawas lomba (stewards) GP F1 Monaco, termasuk di dalamnya ada mantan juara dunia Damon Hill, berencana mengenakan sanksi terhadap Michael Schumacher. Bentuknya, penurunan posisi saat finish sehingga pebalap Mercedes itu tidak mendapat poin.

Penyebab Schumi dikenakan penalti karena juara dunia F1 7 kali itu menyalip pebalap Ferrari Fernando Alonso di tikungan terakhir, saat safety car (SC) masuk pit. SC ke luar dan menuntun pebalap karena di lintasan terdapat mobil Jarno Trulli dan Karun Chandhok yang bertabrakan dan menutupi separuh badan lintasan.

Dalam peraturan baru F1 2010, pebalap boleh menyalip lawan antara jalur SC dan finish. Kebingungan pun muncul, mana kala suatu balapan yang finishnya dituntun dengan SC. Di sini, pebalap tidak boleh menyalip, sekalipun SC sudah masuk pit.

Ferrari dan Mercedes ketika berada di ruang pengawas lomba, pada dasarnya tidak setuju dengan regulasi itu. Akhirnya, panitia mendeklarasinya kalau Schumi telah melanggar pasal 40.13 dari regulasi balapan.

Dalam aturan disebutkan, bila balapan akan di babak terakhir dituntun dengan safety car, "mobil balap akan mendapat kibaran bendera secara normal tanpa menyalip."

Sanksi yang akan dikenakan kepada Schumi ada tiga pilihan, yakni drive through penalty, waktu tercepat Schumi ditambah 20 detik, dan terakhirmenurunkan posisi finishnya dari keenam menjadi urutan ke-12.

Tapi,Ross Brawn dari Mercedes percaya, saat akan mendapat kibaran bendera, pebalap cenderung melaju kencang, ketimbang mengikuti formasi di belakang Webber. "Semua tim juga tahu kalau SC akan segera masuk pit. Sumber: BanjarmasinPost.co.id
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.