Membuat DAFTAR ISI Otomatis Dengan Ms.Word

Membuat halaman daftar isi terkadang sangat sulit dilakukan manual apabila jumlah halaman yang kita buat lebih dari ratusan halaman,,wah sungguh merepotkan!

Namun ternyata lebih mudah apabila kita menggunakan fasilitas yang sudah ada pada Ms.Word [klo ga salah sich setiap Ms.Office ada dech fasilitas ini].

Sebenernya sederhana banget cara yang digunakan disini,,kira2x seperti ini:
  1. Buka file document yang kita akan buat daftar isinya [jika belum dibuat, silahkan dibuat terlebih dahulu]
  2. Blok setiap kata yang nanti akan dimasukkan kedalam daftar isi [biasanya judul bab, tema, atau lain sebagainya]
  3. Pada menu pilihlah Format -> Style and Formatting
  4. Sekarang kita akan menggunakan Style and Formatting terutama untuk penggunaan heading! Pada bagian yang sudah kita blok tadi berikanlah format Heading 1 dan tulisan yang kita blog akan berubah menjadi lebih besar [jika dianggap ukuran tulisan terlalu besar silahkan diatur ukuran tulisan tsb]
  5. Sediakan halaman kosong pada halaman awal,,jika blm ada bisa ditambahkan terlebih dahulu dengan menekan tombol dikeyboard Alt+Enter (page break)
  6. Pada bagian menu, pilihlah Insert -> Refrence -> Index and Tables
  7. Setelah muncul kotak dialog Index and Tables,,klik pada tab Tables of Contents
  8. Selanjutnya biarkan saja settingan yang ada, kecuali pada bagian tab leader silahkan dirubah sesuai dengan keinginan kita
  9. Jika sudah,,selanjutnya klik tombol OK
  10. Hasilnya kira2x seperti ini!
Tampilan daftar isi

Tambahan:
  1. Untuk penggunaan sub bab, saya menggunakan Header 2 , agar tulisan didaftar isi jadi lebih menjorok kedalam
  2. Untuk penggunaan sub-sub bab, saya menggunakan Header 3.
Oke,sekian tutorial ini…silahkan dicoba, dan jgan lupa kritik sarannya!

 print this page Print Halaman Ini
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.