Mantan Bintang NBA Sakit Parah

WASHINGTON, Mantan bintang NBA, Manute Bol dirawat di rumah sakit setelah mengalami masalah pada ginjal dan kulit sepulangnya dari Sudan.

"Saya yakin ia akan selamat, namun ia mengalami gagal ginjal," kata Tom Prichard dari Sudan Sunrise, kelompok NGO yang mengusahakan perdamaian di Sudan. "Jika ia tinggal dua hari lebih lama di Sudan, saya kira ia tidak akan bisa selamat."

Bol merupakan sukarelawan Sudan Sunrise yang mengupayakan diakhirinya perang saudara di negara asalnya tersebut.  Ia juga berjuang mengatasi tingkat korupsi yang tinggi di sana.

Menurut Prichard, pemain yang memiliki tinggi badan 2.29 meter ini kembali ke AS pekan lalu dan kemudian menjalani perawatan di rumah sakit bandara international Dulles. Menurutnya, Bol dideteksi menderita sindroma Steven-Johnson yang menyerang kulitnya.

Kulit di sekitar mulut Bol terpengaruh sehingga ia sama sekali tidak makan selama 11 hari dan sulit berbicara. Bol, 47, menjalani pembiusan dan kemungkinan akan dipindahkan ke unit luka bakar.

Isteri dan puteri Bol telah  datang ke rumah sakit dari rumah mereka di Kansas. namun Bol belum dapat berjumpa dengan puterinya, karena ada kebijakan pembatasan kunjungan. Mereka yang menengok harus mengenakan  masker, baju pelindung serta sarung tangan untuk mencegah penularan.

Menurut Prichard kemungkinan Bol terkena demam Steven Johnson sebagai reaksi atas tindak medis perawatan ginjal yang dijalaninya di Sudan.

Bol berada di Sudan untuk membantu proyek pembangunan sekolah sebagai progam Sudan Sunrise. Namun ia kemudian tinggal lebih lama karena diminta presiden dari Sudan selatan untuk  membantu kampanye pemberantasan korupsi.

Bol pernah bermain selama 10 musim di NBA dengan mencatat hasil rata-rata 4.9 poin dan 8.1 rebound. Sumber: www.kompas.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.