Hari Lingkungan Hidup Sedunia "Keanekaragaman Hayati, Tema Tahun Ini"

JAKARTA, Kementerian Lingkungan Hidup menetapkan tema "Keanekaragaman Hayati, Masa Depan Bumi Kita" sebagai tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni nanti.

"Tema ini diturunkan dari tema global yang ditetapkan UNEP (United Nations Environment Programme), yakni "Many Species, One Planet, One Future," ungkap Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta di Jakarta, Senin (24/5/2010).

Tema tersebut dilatarbelakangi adanya pemanfaatan hayati secara berlebihan sehingga mengancam tatanan dan fungsi ekosistem. Padahal, menurut Menteri, Pemerintah Indonesia telah meratifikasi Konvensi Keanekaragaman Hayati pada tahun 1994 yang memiliki tiga kegiatan utama, yakni konservasi, pemanfaatan secara lestari, dan pembagian keuntungan yang adil atas pemanfaatan sumber daya genetik.

"Namun, dalam menyambut hari lingkungan ini, saya tidak hanya ingin menjadi sebuah seremoni belaka," ungkapnya dalam jumpa pers di Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Selain itu, Menteri juga mengapresiasi kepada semua pihak yang telah melakukan berbagai kegiatan mendukung pelestarian lingkungan seperti kegiatan pengolahan limbah, upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, serta efisiensi sumber daya alam.

Adapun untuk menyambut hari lingkungan hidup sedunia ini, KLH sudah menyiapkan beberapa kegiatan, seperti pemberian anugerah lingkungan, kampanye lingkungan bersama, pekan lingkungan Indonesia, pembagian bibit, dan Kemah Hijau Nasional IV. Sumber: www.kompas.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.