"Indonesia adalah yang terbesar di Asia Pasifik, yakni mencapai 54 persen penduduknya mencintai sepak bola," ungkap Managing Director Nielsen Steve Mitchell, pada hari ini di Jakarta. Sebanyak 68 persen di antaranya adalah laki-laki, dan sisanya sebesar 32 persen adalah perempuan.
Kata Managing Director Nielsen Irawati Pratignyo "Jumlah penggemar bola di kalangan perempuan di Indonesia terbilang tinggi. Mereka cukup suportif menemani pasangan menonton bola,".
Jumlah perempuan penggemar bola di Indonesia termasuk sangat besar mengingat di wilayah Asia Pasifik perempuan penggemar bola hanya mencapai 16 persen. Dari persentase tersebut, masyarakat Indonesia mengaku akan mengikuti Piala Dunia, dari menonton pertandingan secara live hingga mengikuti highlight.
"Tingginya minat masyarakat Indonesia ini diprediksi akan berpengaruh pada kemeriahan ajang ini pada penjualan consumer goods hingga belanja iklan pada bulan Juni 2010," ungkap Irawati Pratignyo.
Prediksi Nielsen ini didasakan pada data tahun sebelumnya dan faktor-faktor pendukung, seperti semakin besarnya jumlah penduduk di Indonesia, dan semakin tingginya kepemilikan TV yang membuat semakin mudahnya masyarakat mengikuti berita dan pertandingan Piala Dunia 2010.
Adapun penelitian Nielsen dilakukan secara online terhadap 500 responden yang mewakili 29 juta total online community di Indonesia. Responden tersebar di sepuluh kota, yakni Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, Bandung, Makassar, Yogyakarta, Palembang, Denpasar, dan Banjarmasin. www.kompas.com