Renang Incar Perunggu Estafet

SEMARANG, Tim renang Indonesia mengincar satu medali perunggu dari nomor 4X100 meter gaya ganti putra pada Asian Games XVI di Guangzhou, China, November 2010. Manajer Tim Renang Asian Games, Hartadi Nurjojo di Semarang, Senin, mengatakan kalau untuk meraih medali emas dan perak, tampaknya sangat sulit karena tim renang tuan rumah dan Jepang akan sulit dilewati. "Kita hanya bersaing dengan tim renang Korea Selatan pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia di China mendatang," kata Hartadi Nurjojo yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov PRSI Jawa Tengah.

Ia menambahkan, fokus tim renang Indonesia pada Asian Games di China mendatang hanya pada nomor tersebut karena dari nomor ini tim renang Indonesia (Guntur Pratama Putra, Indra Gunawan, Glenn Victor, dan Truadi Fauzi) berhasil meraih emas SEA Games 2009 Laos. Bahkan, kata Hartadi yang juga pelatih pelatnas Program Indonesia Emas (Prima), mereka berhasil memecahkan rekor SEA Games. Tetapi, kata dia, kalau untuk nomor perorangan juga ikut dengan materi perenang yang ada pada nomor 4X100 meter gaya ganti tersebut.

Ia menyebutkan, Glenn Victor tentunya akan turun pada nomor spesialisnya yaitu 50 dan 100 meter gaya punggung serta kupu, Guntur Pratama Putra turun pada nomor 100 gaya punggung dan bebas. Kemudian, perenang Sumatra Utara, Indra Gunawan turun pada nomor 50,100, dan 200 meter gaya dada, sedangkan Triadi Fauzi turun pada nomor 100, 200, dan 400 meter gaya bebas. "Tetapi fokus kita ada pada nomor 4X100 meter gaya ganti," katanya kepada Antara.

Ketika ditanya pelaksanaan pelatnas Asian Games, dia mengatakan, untuk sementara masih bersifat desentralisasi karena kesibukan kuliah sehingga menyulitkan mereka berkumpul jadi satu. Ia menyebutkan, Glenn Victor dan Triadi Fauzi berlatih di Bandung, Guntur Pratama Putra berlatih di Jakarta, sedangkan Indra Gunawan berlatih di Hongaria.
'
Soal penambahan dua perenang sebagai syarat untuk tampil pada nomor 4X100 meter gaya ganti, dia mengatakan, dirinya sudah mengajukan dua perenang yaitu Nicko Biondi (spesialis gaya dada) dan I Gede Siman Sudartawa (spesialisasi gaya kupu). Menurut dia, untuk terjun pada nomor ini persyaratannnya harus ada enam perenang yang masuk daftar meskipun yang tampil hanya empat perenang. "Seperti dalam sepak bola yang main 11 orang tetapi yang masuk dalam daftar pemain ada 18 orang,". www.kompas.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.