China Lirik Beji Besi Kotabaru

KOTABARU, Perusahaan baja terbesar di China PT Wuhan Iron Stell Corporation, berencana membangun pabrik baja di Kotabaru.

Tim dari PT Wuhan Iron Stell itu telah melakukan survei di beberapa daerah dan negara yang akan menjadi lokasi pabrik di antaranya Kotabaru.

Kabupaten ini, menurut Wuhan, merupakan daerah yang memiliki banyak kelebihan di antaranya memiliki sumber daya alam melimpah terutama bahan baku yang diperlukan untuk memproduksi baja, kondisi laut cukup dalam dan kelancaran transportasi menjadi salah satu pertimbangan.

Wang berharap, rencana pembangunan pabrik yang memiliki kapasitas lima juta metrik ton per tahun itu, mendapat dukungan dari pemerintah, dan semua elemen masyarakat di Indonesia, khususnya di Kotabaru.

Banyak yang dapat diterima PT Wuhan Iron Stell Corporation jika membangun pabrik di Kotabaru, selain ketersediaan bahan baku biji besi (laterit), perusahaan asing tersebut juga menginginkan dukungan semua pihak dan mengharapkan kemudahan perijinan.

Sebagai bahan pertimbangan menentukan daerah/negara yang menjadi lokasi pembangunan pabrik, Wang meminta pemerintah daerah, khususnya satuan perangkat kerja daerah (SKPD) yang terkait agar memberikan data akurat, meliputi deposit biji besi, batu kapur (lemestone) serta bahan pendukung lainnya.

Dengan berdirinya pabrik baja di Kotabaru, maka akan menarik perusahaan lain ke daerah itu dan kehadirannya akan memiliki dampak lebih luas.

Jika Kotabaru menjadi pilihannya, maka PT Wuhan Iron Stell Corporation akan memerlukan lahan sekitar 500 hektare untuk lokasi pabrik dan infrastruktur yang lain.


Sumber: www.Banjarmasin Post
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.