Afganistan Dukung Jenderal McChrystal

KABUL, Pemerintah Afganistan, hari ini, mendukung Jenderal AS, Stanley McChrystal, walaupun terjadi percekcokan menyangkut sebuah wawancara di mana ia mengecam pejabat penting AS. Juru Bicara Kementerian Pertahanan Afganistan, Jenderal Mohammad Zahir Azimi, mengatakan, ada perbaikan besar sejak McChrystal memegang komando Pasukan Bantuan Keamanan Internasional NATO tahun lalu. "Sejak Jenderal McChrystal tiba di Afganistan sebagai komandan ISAF (Pasukan Bantuan Keamanan Internasional), ada perubahan-perubahan besar di berbagai daerah dan perubahan-perubahan ini sangat penting dan positif," kata Azimi dalam jumpa wartawan.

McChrystal dipanggil ke Gedung Putih untuk satu pertemuan, Rabu, di tengah-tengah spekulasi bahwa jenderal itu mungkin akan dicopot jabatannya karena pernyataannya yang meremehkan pejabat AS lain yang ia lontarkan dalam wawancara dengan sebuah majalah. Presiden AS Barack Obama mengatakan, jenderal bintang empat itu menunjukkan "pendapat yang jelek" dan membuka kemungkinan ia akan dipecat sebagai komandan.

Namun, Azimi mengatakan, koordinasi antara Afganistan dan pasukan NATO membaik, dan strategi kontra-pemberontakan dari jenderal itu telah membuka pintu bagi rekonstruksi, pembangunan, dan usaha-usaha bagi pemerintah yang bersih. "Ini adalah hal-hal yang tidak kami peroleh dari para komandan NATO lainnya di masa lalu,". Tentang apakah Kabul telah meminta Gedung Putih tidak memecat McChrystal, Azimi mengatakan, "Itu seluruhnya terserah kepada mereka, tetapi ini adalah keinginan rakyat Afganistan." Selasa, seorang juru bicara Presiden Afganistan Hamid Karzai mengatakan, Karzai menganggap McChrystal "komandan terbaik" pasukan internasional dalam hampir sembilan tahun perang di negara itu. www.kompas.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.